Minggu, 21 November 2010

Menghasilkan uang dari Blog Lokal / Blog Bahasa Indonesia

Banyak program advertising luar negeri yang mengdiskreditkan Blog berbahasa Indonesia. Yah maklum saja karena kebanyakan viewer dan pemasang iklan mereka adalah badan usaha, peorangan, dan perusahaan asing yang hanya mengerti Inggris.

Kalau 2 tahun yang lalu hampir tidak ada yang bisa menghasilkan uang di Blog berbahasa Indonesia kecuali Google Adsense yang kadang-kadang muncul iklannya. Itupun harus diakalin oleh Blogger dengan sedikit banyak memasukkan beberapa kata kunci (keyword) berbahasa Inggris.

Tapi sekarang ada beberapa pilihan antara lain:

1. KumpulBlogger - Situs ini dibuat khusus Jaringan Blogger Indonesia, supaya bisa mendapatkan alternatif penghasilan tambahan. Caranya adalah dengan menyediakan spot (ruangan) pada blognya sebagai tempat menyampaikan pesan komersial dari Advertiser. Semua Blogger boleh mamakai fasilitas ini walau ada ketentuan yang harus dipatuhi. Info lebih lanjut di SINI.

2. Adspeedy - Situs ini adalah portal periklanan online yang berfungsi untuk mempertemukan Advertiser (pemilik iklan) maupun Publisher (penerbit iklan). Dengan adanya berbagai fasilias unggulan yang siap pakai, adspeedy.com kiranya dapat memberikan nuansa baru dalam dunia periklanan online di Indonesia.

Sistem kerja Adspeedy hampir sama dengan Google Adsense dimana tiap view dari iklan (CPM), Blogger Iklan mesti di-approve dahulu oleh admin sebelum iklan bisa menghasilkan uang. Info lebih lanjut di SINI.

3. Kliksaya - Situs ini sudah kami review, jadi untuk jelasnya silahkan baca di SINI. Situs ini tidak cocok untuk Blogger pemula, karena target situs disetujui untuk muncul iklannya adalah minimum 10.000 view perbulan.

4. PPCIndo | AdsenseCamp | IndoFad - Ketiga situs ini juga sama fungsinya dengan situs-situs di atas. Yang bedanya dari semua situs ini adalah penghasilan per-kliknya. Rata-rata berkisar antara 100 - 700 rupiah. Selain itu masing-masing situs juga ada kelebihan dan kekurangannya. Silahkan masuk ke masing-masing situs untuk mempelajarinya secara detil.


Menghasilkan uang dari Blog berbahasa Inggris

Nah kalau Blog-nya berbahasa Inggris, mungkin bisa mendapatkan uang dengan memasang iklan dari situs-situs di bawah ini:

1. Google Adsense - Merupakan situs periklanan yang paling populer di dunia. Tapi untuk apply-nya kadang-kadang susah, dan aturannya sangat banyak, plus perlu dipatuhi oleh Blogger, kalau tidak pasti di-BAN (di-PHK).

2. WidgetBucks - Secara konsep WidgetBucks (WB) mirip dengan Google Adsense (GA), bedanya adalah WB lebih fokus ke produk tertentu, dan para pengiklannya kebanyakan adalah toko-toko online. Enaknya WB menerima pembayaran lewat Paypal, jadi tidak perlu repot-repot untuk mencairkan cek seperti di GA, yang kadang-kadang tidak diterima semua bank di Indonesia.

3. Chitika - Konsep situs ini agak berbeda dengan WB & GA, tapi secara prinsip hampir sama. Perbedaan terutama terlihat di tampilan yang lebih baik. Sayangnya traffik Chitika hanya diperuntukkan untuk akses dari Amerika dan Kanada saja, di luar itu iklan tidak akan muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar